Senin, 18 Agustus 2008

Makin Banyak Orang Jepang Melampaui Usia 100 Tahun Berita Terkini

MAKIN BANYAK ORANG JEPANG MELAMPAUI USIA 100 TAHUN

MAKIN BANYAK ORANG JEPANG MELAMPAUI USIA 100 TAHUN

Lebih dari 25.000 orang Jepang akan berusia lebih dari 100 tahun di akhir bulan ini, suatu jumlah yang jauh lebih banyak dibanding hanya 153 orang empat dekade lalu.Begitu diungkapkan pemerintah dalam ilstrasi mengenai umur warganya.

Data statistik yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan Jepang bertepatan dgn hari libur untuk menghormati orang tua yang jatuh hari Senin ini, sekaligus memperlihatkan banyaknya dana yang harus dikeluarkan pemerintah untuk membayar pensiun dan dana kesehatan.Di lain pihak, jumlah warga usia produktif yang mendukung orang-orang tua ini justru makin sedikit.

Dari 25.606 orang berusia di atas 100 tahun ini atau sekitar satu diantara 5.000 orang Jepang lebih dari 80 persennya adalah perempuan.Populasi perempuan Jepang ini memang selalu memegang rekor sebagai penduduk tertua dunia sejak 20 tahun lalu.

Para ahli menghubungkan rahasia umur panjang mereka dgn berbagai faktor termasuk jenis makanan yang mereka konsumsi, tingginya stAndar kesehatan, dan struktur komunitas yang amat dekat.

"Jangan makan terlalu banyak," kata Noboru Fukushima yang berusia 90 tahun, ketika ditanya mengenai rahasia umur panjangnya."Makan secukupnya saja dan kunyahlah baik-baik.dgn begitu Anda akan puas dan mendapatkan cukup gizi."

Ada berbagai variasi prosentase orang-orang yang berumur di atas 100 tahun, tergantung lokasinya di Jepang.

Rangkaian pulau Okinawa di sebelah selatan Jepang misalnya, memiliki lebih dari 51 orang berusia lebih dari 100 tahun untuk tiap 10.000 orang, sedangkan Tokyo memiliki kurang lebih 20, sementara wilayah pinggiran di Saitama, dekat dgn ibukota, mempunyai rata-rata 9,8.

Orang tertua di Jepang adalah Yone Minagawa yang berumur 112 tahun.ia hidup di Pulau Kyushu di sebelah selatan.Minagawa, yang lahir tahun 1893, membesarkan kelima anaknya sendiri setelah suaminya meninggal.

Selain itu, lelaki tertua di Jepang, Nijiro Tokuda yang berusia 110 tahun, juga tinggal di Kyushu.

Saat ini, orang tertua di dunia menurut Guinness Book of World Records adalah Elizabeth Bolden, 115, dari Tennessee, Amerika Serikat.

Dalam laporannya menteri kesehatan Jepang juga berniat mengucapkan selamat pd ke 12.703 orang yang mencapai usia 100 di tahun ini.Ia akan mengirimkan hadiah dan pesan dari Perdana Menteri Junichiro Koizumi.

Menteri juga memberi penghormatan khusus bagi orang-orang tua yang masih aktif, termasuk Ryuji Sasaki berusia 99 tahun yang masih bekerja sebagai tukang kebun, dan Takatomi Naito, berusia 100 tahun yang masih menikmati bermain golf bersama istrinya, setelah mempelajari olah raga ini pd usia 68 tahun.

sumber Makin Banyak Orang Jepang Melampaui Usia 100 Tahun : Kompas.com
Makin Banyak Orang Jepang Melampaui Usia 100 Tahun