Kamis, 31 Juli 2008

Dikembangkan, Motor Terkecil Di Dunia Berita Terkini

DIKEMBANGKAN, MOTOR TERKECIL DI DUNIA

DIKEMBANGKAN, MOTOR TERKECIL DI DUNIA

Para ilmuwan di bawah pimpinan Alex Zettl di Universitas California, Berkeley berhasil mengembangkan motor elektrik terkecil di dunia (nanomotor).Secara keseluruhan, ukurannya lebih kecil dari 200 nanometer atau ratusan kali lebih kecil dari sehelai rambut sekalipun.

Meskipun energi yang dihasilkan sangat kecil, hanya sebesar 20 mikrowatt, namun bila dibandingkan dgn ukurannya, ukuran tenaga itu menjadi luar biasa besar.Jika dibuat skala dgn mesin mobil misalnya, kemampuan motor ini ratusan kali lebih besar dari Toyota Camry bermesin V6 225 hp.

Motor bekerja dgn memanfaatkan perpindahan atom antara dua cairan logam dgn volume berbeda.Sentuhan membuat cairan yang lebih besar menarik kembali atom yang dialirkan.Perubahan yang mendadak ini menyebabkan letupan energi.

Motor bekerja dgn memanfaatkan perpindahan atom antara dua cairan logam dgn volume berbeda, yang diteteskan di atas sebuah carbon nanotube.Saat arus listik dialirkan pd logam, atom mengalir sehingga kedua tetesan logam saling berhubungan.dgn tambahan atom, cairan logam yang lebih kecil volumenya bertambah sehingga kedua permukaannya saling bersentuhan.

Saat terjadi sentuhan, cairan yang lebih besar segera menarik kembali atom yang dialirkan sebagaimana cara kerja oscillator.Perubahan yang mendadak ini menyebabkan letupan energi.Teknik pembentukan energi tersebut memperlihatkan bahwa tegangan permukaan kecenderungan permukaan atom menolak benda asing menjadi faktor yang paling penting dalam TEKNOLOGI ini.

Penelitian mesin berukuran nanomotor bukanlah yang pertama kali.pd tahun 1998, professor Richard Muller yang juga dari Berkeley berhasil membuat micromotor berukuran 100 mikon atau kira-kira setebal helai rambut.Sebelumnya, team peneliti yang dipimpin Zettl telah menghasilkan motor berskala nano pd tahun 2003 dan konveyor (ban berjalan) berukuran nano pd akhir tahun lalu.

"Oscillator ini ideal untuk aplikasi bergerak," kata Chris Regan, salah seorang peneliti, seperti dilansir LiveScience."Sebagai contoh, dalam ukuran nano digunakan sebagai motor yang mengendalikan gerakan bergeser, berjalan, berenang, melompat, atau terbang."

Lebih dari itu, nanomotor akan mendukung TEKNOLOGI MEMS (micro electro mechanical systems) yang sudah dikembangkan pd dua tahun terakhir.Bedanya, MEMS dibuat dari lapisan silikon tipis yang ukurannya lebih besar.Namun dgn dikembangkannya nanomotor, hadirnya sistem pengganti MEMS berukuran nano tidak akan lama lagi.

Penemuan ini juga akan mendukung TEKNOLOGI optis, misalnya dimanfaatkan sebagai saklar optik untuk mengatur pantulan cahaya.Bukan tidak mungkin pula nanomotor menjadi inspirasi pengembangan mesin berukuran nanometer yang mampu mengembara di dalam tubuh untuk mendeteksi penyakit dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

sumber Dikembangkan, Motor Terkecil Di Dunia : Kompas.com
Dikembangkan, Motor Terkecil Di Dunia