Rabu, 20 Agustus 2008

2005 Tahun Terpanas Berita Terkini

2005 TAHUN TERPANAS

2005 TAHUN TERPANAS

Tahun 2005 akan dicatat sebagai tahun terpanas sepanjang sejarah.Selain masa paling panas, tahun 2005 juga dikenal sebagai tahun yang penuh dgn serangan badai dan kekeringan.Laporan ini dirilis oleh organisasi pecinta lingkungan hidup, World Wildlife Fund (WWF) dalam konferensi Perubahan Iklim yang diselenggarakan PBB.

WWF melansir gunung es di Antartika meleleh cepat dan badai topan Atlantik terparah terjadi di tahun 2005.Perairan Karabia juga mencapai titik terpanasnya di tahun yang sama.Selain itu, WWF memaparkan Amazon mencapai masa terkeringnya di tahun ini.

Fenomena badai topan yang bertubi-tubi diyakini WWF tidak terjadi secara alamiah.''Tingginya serangan badai topan yang terjadi belum lama ini tidak cuma dipicu oleh faktor siklus saja.Ada faktor lain yang mempengaruhinya,'' komentar Lara Hansen, ilmuwan program perubahan iklim pd WWF.

Gas rumah kaca, lanjut Lara, telah mengganggu pola iklim.Salah satu buktinya adalah kegagalan National Hurricane Center, Amerika dalam memprediksi angka serangan badai topan di tahun 2005.''Siklus alam sudah teracak,'' katanya.

Laporan WWF tersebut memakai data milik pemerintah Amerika Serikat dan Badan Meteorologi Dunia.Berbagai fakta mengagetkan itu disajikan sebagai bahan pertimbangan dalam pengkajian Protokol Kyoto.

sumber 2005 Tahun Terpanas : Republika.co.id
2005 Tahun Terpanas