Sabtu, 30 Agustus 2008

Satelit Pertama Buatan Mahasiswa Diluncurkan Berita Terkini

SATELIT PERTAMA BUATAN MAHASISWA DILUNCURKAN

SATELIT PERTAMA BUATAN MAHASISWA DILUNCURKAN

Satelit pertama yang dibuat oleh para mahasiswa Eropa telah diluncurkan dari Plesetsk, kawasan di Rusia bagian utara, Kamis (27/10).Wahana pertama setelah misi Cryosat milik Eropa yang gagal beberapa waktu lalu ini diluncurkan dari kosmodrom yang sama menggunakan roket Cosmos 3M.

Mikrosatelit seberat 52 kilogram bernama Sseti Express ini didesain dan dibangun oleh 100 mahasiswa yang berasal dari 10 universitas di sembilan negara.Graham Shirville, salah satu ahli bidang telekomunikasi dalam proyek tersebut mengatakan, pd dasarnya peluncuran ingin menunjukkan satu poin penting.

"Ini adalah satelit Eropa pertama yang dikembangkan menggunakan internet sebagai jalur komunikasi di antara anggota tim," katanya.Tujuan utamanya adalah ingin menunjukkan bahwa mahasiswa atas dukungan dari Badan Antariksa Eropa (ESA) tentunya mampu mendesain dan membangun satelit yang memiliki konstruksi cukup baik untuk melesat bersama-saam wahana lainnya.

Proyek ke bulan

Satelit ini membawa misi pertama program pendahuluan eksplorasi angkasa mahasiswa (Sseti).Didukung ESA sebagai penyAndang dana, para mahasiswa berharap dapat membangun dan meluncurkan beberapa mikrosatelit dan kemungkinan proyek yang lebih kompleks seperti pendaratan ke bulan.

Sseti Express membawa sebuah kamera untuk merekam gambar Bumi dan tiga unit objek penelitian.Wahana tersebut juga akan berfungsi sebagai transponder yang akan meneruskan sinyal dari radio amatir.

"Misi utama yang dibawa satelit ini bukanlah menguak misteri luar angkasa tapi untuk tujuan pendidikan, terutama meningkatkan pengetahuan dan motivasi para mahasiswa Eropa pd teknik penerbangan dan ilmu antariksa," kata manajer proyeknya Neil Melville dari Departemen Pendidikan ESA.

Sseti Express dikirim ke luar angkasa bersama-sama dgn mikrosatelit milik China Beijing-1 yang dikembangkan oleh Surrey Satellite Technology, Inggris.Beijing-1 membawa teleskop pemetaan China berupa peralatan perekam citra beresolusi sangat tinggi yang dikembangkan para ilmuwan Eropa untuk memetakan dan merekam wilayah China.

Satelit milik China tersebut akan digunakan untuk mengamati kondisi alam seperti bencana alam yang disebabkan kecerobohan manusia.Selain itu, membantu proyek pengembangan yang berhubungan dgn Olimpiade yang akan diselenggarakan pd 2008.

Selain membawa serta satelit China, Sseti Express juga membawa satelit yang dikembangkan Rusia untuk Iran dan Topsat, mikrosatelit hasil pengembangan pemerintah Inggris yang digunakan untuk mengamati kondisi Bumi.

sumber Satelit Pertama Buatan Mahasiswa Diluncurkan : Kompas.co.id
Satelit Pertama Buatan Mahasiswa Diluncurkan