Senin, 01 September 2008

Ditemukan, Hormon Pengendali Rasa Lapar Berita Terkini

DITEMUKAN, HORMON PENGENDALI RASA LAPAR

DITEMUKAN, HORMON PENGENDALI RASA LAPAR

Para ilmuwan telah menemukan hormon yang berkaitan dgn pengaturan rasa lapar.Obestatin, hormon ini, bergabung dgn beberapa hormon lain yang fungsinya menekan atau meningkatkan nafsu makan seseorang.

Majalah Science menuliskan bahwa tim dari Stanford University Amerika melakukan pencarian informasi genetik tentang obestatin ini menggunakan komputer.Diharapkan dalam 5 hingga 10 tahun ke depan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dapat menghasilkan sesuatu yang dapat mengontrol nafsu makan.

Obestatin ditemukan ketika para peneliti mengamati rangkaian gen dalam tubuh manusia dan hewan, untuk mencari ghrelin, hormon pendorong nafsu makan.Nah, saat itulah mereka menemukan suatu hormon lain kemudian dinamakan obestatin terbentuk dari protein yang juga memproduksi ghrelin.

Walaupun dibentuk dari protein yang sama, kedua hormon ini memiliki fungsi yang berkebalikan .Obestatin bekerja untuk mengurangi nafsu makan, sedangkan fungsi ghrelin adalah menambahnya.

Sebuah teka-teki

Ketika tikus-tikus diberi suntikan obestatin pd perut dan otak mereka, porsi makannya menjadi setengah dari apa yang dimakan oleh hewan yang tidak disuntik hormon ini.Tikus-tikus ini juga mengalami penurunan berat badan.

Selain mengurangi nafsu makan, obestatin juga memperlambat proses pencernaan dgn memperlambat gerakan makanan dari perut ke usus.

Dalam tulisan di Science, kelompok ilmuwan yang dipimpin oleh Dr Aaron Hsueh mengatakan, "Pemahaman yang lebih baik tentang fungsi ghrelin dan obestatin dalam keseimbangan pengendalian energi dan pengendalian berat badan mungkin bisa dipakai untuk mengatasi masalah kegemukan."

Prof.Steve Bloom, seorang pakar masalah obesitas dari Imperial College London mengatakan "Ini adalah penelitian yang luar biasa.Ini menunjuk pd bagian lain sistem pengaturan nafsu makan sehingga kita bisa menghindari penggunaan obat-obatan jika ingin langsing."

Prof.Bloom menambahkan, penelitian ini menghasilkan penemuan baru untuk mengatur rasa lapar."Dalam jangka waktu 5 hingga 10 tahun ke depan, kita akan dapat mengatur nafsu makan."

Namun, kenyataannya bahwa hormon penekan nafsu makan dibentuk dari sel yang sama dgn hormon penambah nafsu makan adalah sebuah teka-teki bagi para peneliti

sumber Ditemukan, Hormon Pengendali Rasa Lapar : Kompas.com
Ditemukan, Hormon Pengendali Rasa Lapar