Senin, 01 September 2008

Seratus Ribu Buku Digital dari Microsoft Berita Terkini

SERATUS RIBU BUKU DIGITAL DARI MICROSOFT

SERATUS RIBU BUKU DIGITAL DARI MICROSOFT

Raksasa software Microsoft beberapa waktu lalu mengumumkan kerjasamanya dgn British Library untuk memindai dan kemudian mempublikasikan secara online 100.000 buku milik perpustakaan Inggris tersebut.

dgn cara ini, mulai tahun depan pembaca dapat mencari dari sekitar 25 juta halaman materi yang tersedia tanpa harus datang ke British Library.Enaknya lagi, Microsoft tidak memungut biaya apapun atas layanan perpustakaan online-nya.

Untuk tahap awal proyek buku digital ini, Microsoft merogoh kocek hingga 2,5 juta dolar Amerika.Microsoft dan British Library juga berencana akan terus menambah jumlah buku digitalnya di masa mendatang.

Sebelumnya langkah serupa juga telah dilakukan Google.Sayang Google tersandung masalah hak cipta dari penerbit buku-buku yang akan dipublikasikan di internet.Untuk menghindari masalah hak cipta ini, Microsoft dan British Library sepakat memilih buku dari koleksi tertua British Library yang berjumlah sekitar 13 juta judul buku.Buku-buku tersebut dipilih karena dianggap belum memiliki hak cipta.

Buku yang akan dipublikasikan secara online ini menurut British Library bukan merupakan kontrak ekslusif dgn Microsoft.Artinya semua buku digital itu akan disimpan di situs Web milik British Library dan dapat ditemukan secara gratis lewat mesin pencari Google maupun MSN.

"Ini merupakan berita bagus untuk para peneliti dan pelajar, karena proyek ini akan memberikan akses koleksi buku yang kami miliki kepd siapapun dan dimanapun," kata Lynne Brindley, Chief Executive British Library.

sumber Seratus Ribu Buku Digital dari Microsoft : Kompas.com
Seratus Ribu Buku Digital dari Microsoft