Rabu, 17 September 2008

Olahraga Berita Terkini

OLAHRAGA

OLAHRAGA

''Orang Mukmin yang kuat adalah lebih baik dan lebih disukai Allah daripd orang Mukmin yang lemah, tetapi mereka masing-masing mempunyai kebaikan.'' (HR Muslim).

Setiap Mukmin yang kuat atau lemah, pasti akan dicintai Allah SWT.Namun, Allah SWT lebih mencintai yang kuat, karena dgn kekuatan itu mereka dapat beribadah dgn baik, menjalankan dakwah dgn jangkauan yang lebih luas, serta dapat membela Islam dan kaum Muslimin dari serangan musuh.

Rasulullah SAW telah mengajarkan bagaimana menjalankan pola hidup sehat, antara lain, makan yang cukup, bergizi, tidak berlebih-lebihan, serta rajin puasa.Bekerja keras dan tekun beribadah, tapi tak lupa pula beristirahat dan rajin berolahraga.

Fisik Rasulullah SAW senantiasa sehat, kuat, dan tangguh.Beliau tak pernah sakit, kecuali menjelang wafatnya.Rasulullah SAW sering memotivasi umatnya untuk gemar berolahraga.''Siapa yang berjalan di antara dua tAnda (start dan finish), maka dia akan mendapatkan kebaikan dari setiap langkahnya.'' (HR Imam Thabrani).

Rasulullah SAW juga berpesan kepd kaum Muslimin untuk mengajarkan olahraga pd anak-anaknya.''Hak anak (atas orang tuanya) adalah diajari menulis, berenang, dan melempar (panah dan tombak).'' (HR Ibnu Baihaqi).Pesan senada juga disampaikan Umar bin Khathab, ''Ajarilah anak-anak Kamu sekalian belajar memanah, berenang, dan berkuda.''

Rasulullah SAW adalah orang yang gemar olahraga, di antaranya gulat, berpacu kuda, berlari, dan berenang.Pernah suatu ketika Nabi SAW bertanding gulat dgn Rukanah bin Abdu Yazid bin Hasyim bin Abdul Muthalib.Jagoan gulat asal Makkah itu menantang Nabi SAW.Bila Nabi SAW dapat mengalahkannya, ia bersedia masuk Islam.Dalam pertandingan itu Rasulullah SAW berhasil menjatuhkan Rukanah tiga kali, sehingga Rukanah memeluk Islam.

Rasulullah SAW juga suka berpacu kuda.Anas bin Malik bercerita, ''Sesungguhnya Rasulullah pernah berlomba merebut hadiah dgn menunggang kuda bernama Sabhah (kuda pacuan), maka dia dapat mengalahkan orang lain, dia sangat tangkas dalam hal itu dan mengagumkan Rasulullah.'' (HR Imam Ahmad).

Nabi SAW juga pernah beberapa kali berlomba lari dgn istrinya, 'Aisyah.Semula 'Aisyah memenangkan lomba lari itu karena tubuhnya masih kurus.Akan tetapi ketika sudah kegemukan, Rasulullah SAW yang memenangkan lomba lari itu.

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, meski hidup di daerah miskin air, Rasulullah SAW pernah berenang bersama kawan-kawannya di suatu kolam dan menyatakan bahwa ia dan sahabatnya suka berenang.Selain memberikan kebugaran dan kesehatan, olahraga-olahraga tersebut juga memberi manfaat lain, seperti tercipta keharmonisan antara fisik, akal, dan jiwa; memunculkan keberanian dan kepemimpinan; dan kemampuan konsentrasi.

sumber Olahraga : Republika.co.id
Olahraga