Jumat, 08 Agustus 2008

Diciptakan Robot Pengawas Pasien Berita Terkini

DICIPTAKAN ROBOT PENGAWAS PASIEN

DICIPTAKAN ROBOT PENGAWAS PASIEN

Science fiction bakal kembali menjadi kenyataan ketika robot yang diberi nama Sister Mary dan Doctor Robbie mulai dipekerjakan di sebuah rumah sakit di London.

Kedua robot itu memungkinkan para dokter dapat menerangkan dan berkomunikasi dgn pasien seperti bertatap muka langsung meskipun berada pd jarak yang jauh bahkan di belahan dunia yang lain sekalipun.Robot yang tingginya 1,5 meter dikendalikan dari jarak jauh oleh seorang dokter menggunakan joystik.

"Ini adalah konsep yang revolusioner yang akan membuka jalan bagi penelitian pengobatan jarak jauh dan integrasi TEKNOLOGI dalam bidang kesehatan," kata Profesor Sir Ara Darzi.

Darzi adalah kepala pembedahan, anestesi, dan perlindungan intensif di Imperial College London yang juga ahli bedah di rumah sakit St Mary di Paddington, London Barat.

Dokter dapat melihat pasien-pasiennya melalui kamera yang dipasang di atas robot.Sedangkan, pasien dapat melihat dokter melalui layar yang dipasang di muka robot.Pasien juga bisa bertanya kepd dokternya dan rekam medis seperti sinar-X dan hasil uji laboratorium dapat juga diperlihatkan.

Saat ini sedang diukur seberapa baik respon pasien terhadap robot tersebut.

sumber Diciptakan Robot Pengawas Pasien : Riaumandiri.com
Diciptakan Robot Pengawas Pasien