Jumat, 01 Agustus 2008

'Kangen' infeksi ratusan komputer Berita Terkini

'KANGEN' INFEKSI RATUSAN KOMPUTER

'KANGEN' INFEKSI RATUSAN KOMPUTER

Pengguna komputer agar mewaspdi merebaknya virus buatan lokal 'Kangen' yang menyebar melalui disket dan USB drive dan belum terdeteksi sebagian besar aplikasi antivirus.Peringatan itu disampaikan perusahaan antivirus lokal PT Vaksincom yang mendeteksi virus tersebut dua pekan lalu dan mendapati tingkat penyebarannya cenderung meningkat sejak kemarin.

Diperkirakan ratusan komputer di Indonesia sudah terinfeksi virus ini.

"Dilihat dari kecenderungannya, penyebarannya akan mengganas dalam dua pekan ke depan.Apalagi belum banyak antivirus global yang mampu mendeteksi," kata Antonius Alfons, spesialis antivirus dari PT Vaksincom kepd Bisnis kemarin.

Vaksincom menggolongkan virus Kangen ini dgn tingkat penyebaran tinggi tapi tidak begitu berbahaya.Perusahaan itu juga menduga virus ini dibuat oleh pencipta Pesin atau Myheart-keduanya juga virus lokal.

'Kangen' menyebar melalui disket dan USB drive, menyamarkan dirinya sebagai salah satu dokumen MS Word yang ada dalam media storage tersebut, sementara dokumen aslinya disembunyikan (dibuat hidden file) tapi tidak dihapus.

Pengguna yang kurang waspd akan mengira virus itu sebagai MS Word pdhal berakhiran .exe (executable).Windows 98 dan XP biasanya menghilangkan tampilan akhiran sebuah dokumen sehingga yang muncul hanya namanya saja.

Komputer yang terserang virus ini, selain dokumen MS Word-nya disembunyikan, juga akan menampilkan running text dari lirik lagu 'Kangen' yang mengangkat popularitas grup musik Dewa di era 90-an.

Virus ini mencegah dirinya dinonaktifkan dgn mematikan fungsi tombol Ctrl Alt Del untuk mematikan proses.Selain itu, virus ini juga mematikan perintah msconfig (untuk mengatur konfigurasi) dan regedit (untuk registry).(dss)

sumber 'Kangen' infeksi ratusan komputer : Bisnis Indonesia
'Kangen' infeksi ratusan komputer