Jumat, 01 Agustus 2008

Menkominfo Luncurkan Web Khusus Bagi Tunanetra Berita Terkini

MENKOMINFO LUNCURKAN WEB KHUSUS BAGI TUNANETRA

MENKOMINFO LUNCURKAN WEB KHUSUS BAGI TUNANETRA

Menteri Komunikasi dan Informatika Sofyan Djalil melucurkan model web accesibility mitranetra.or.id yang sebelumnya telahdikembangkan oleh Yayasan Mitra Netra.

Peluncuran web ini, kata menkominfo adalah dalam rangka mewujudkan hak asasi seluruh warga negara Indonesia, termasuk penyAndang cacat tunanetra dalam rangka mendapatkan akses informasi.

Selama ini, kata menteri, para penyAndang cacat tunanetra hanya dapat mengakses informasi berdasarkan media audio karena keterbatasannya.dgn adanya web khuus ini, maka akses informasi mereka akan lebih luas sehingga kesempatan berbuat bagi tunanetra menjadi lebih baik.

Direktur Eksekutif Yayasan Mitra Netra Bambang Basuki mengungkapkan rasa gembiranya dgn diluncurkannya situs web ini.Program ini akan sangat membantu penyAndang cacat di Indonesia untuk mendapatkan hak atas informasi.

"Selama ini, para tuna netra harus dibantu peranti lunak pembaca layar untuk mengoperasikan komputer.Mereka seering kesulitan dalam menavigasi situs-situs di internet karena memang strukturnya sulit dibaca oleh piranti lunak pembaca layar yang hanya dapat membaca teks.dgn situs ini maka akses itu akan lebih mudah," kata dia.

Aris Yohanes, seorang tuna netra yang kerap menggunakan internet mengatakan program ini akan sangat membantu pengguna internet.Selama ini, lanjut Aris, dia hanya dapat menggunakan screen reader yang disedikan oleh program yang ada di internet.

"Tapi screen reader yang bisa dbuka dari Microsoft, program narator itu kurang jelas suaranya sehingga menyulitkan kita," kata Aris.

Sayangnya, lanjut dia, program web ini juga harus menggunakn program screen reader tertentu yang harganya masih tergolong mahal yakni Rp10 juta.

Aris juga menyebutkan bahwa saat ini pihak yayasan sedang menjalin kerjasama dgn BPPT untuk membuat program tersebut, tapi bagaimana kelanjutannya ia tidak mengetahui.(X-9)

sumber Menkominfo Luncurkan Web Khusus Bagi Tunanetra : Mediaindo.co.id
Menkominfo Luncurkan Web Khusus Bagi Tunanetra