Selasa, 05 Agustus 2008

Komputer Temukan Bilangan Prima Terbesar Berita Terkini

KOMPUTER TEMUKAN BILANGAN PRIMA TERBESAR

KOMPUTER TEMUKAN BILANGAN PRIMA TERBESAR

Jakarta, Butuh 700 lebih komputer untuk mencari bilangan prima terbesar saat ini.Bilangan itu terdiri dari 9 juta digit lebih.

Komputer-komputer tersebut digunakan oleh tim dari Central Missouri State University, Amerika Serikat.Penemuan bilangan prima terbesar diketahui terjadi 15 Desember 2005, dan dikonfirmasi pd Sabtu 24 Desember 2005.

Namun, seperti dikutip detikinet dari Cnet, Rabu (28/12/2005), bilangan prima itu belum layak mendapatkan hadiah US$ 100 ribu dari Electronic Frontier Foundation.

Hadiah tersebut akan diberikan pd pihak yang mampu menemukan bilangan prima dgn 10 juta digit.Tim itu merupakan bagian dari proyek bernama Great Internet Mersenne Prime Search (GIMPS).

Bilangan prima adalah bilangan yang hanya bisa dibagi habis oleh dirinya sendiri dan angka 1.Bilangan prima digunakan dalam proses enkripsi, namun bilangan prima sebesar yang baru saja ditemukan hanya dicari demi kepuasan para ilmuwan semata.

Bilangan prima yang ditemukan tim yang dipimpin oleh profesor Curtis Cooper dan Steven Boone itu merupakan bilangan prima tipe Mersenne ke-43.Bilangan itu bisa disebut juga sebagai 2 pangkat 30.402.457 minus 1.

Proses pencarian bilangan prima Mersenne ke-43 itu bisa disebandingkan dgn menjalankan komputer dgn prosesor Pentium 90 Mhz selama 67 ribu tahun.Bilangan itu terdiri dari 9.152.052 digit.

Bilangan prima itu bisa di-download sebagai sebuah file teks dari bagian file mailing list detikinet.

sumber Komputer Temukan Bilangan Prima Terbesar : Cybertech.cbn.net.id
Komputer Temukan Bilangan Prima Terbesar