Rabu, 06 Agustus 2008

Bahasa Pengaruhi Mata Kanan Berita Terkini

BAHASA PENGARUHI MATA KANAN

BAHASA PENGARUHI MATA KANAN

Bahasa tidak hanya digunakan sebagai sarana berkomunikasi dan berhubungan dgn ucapan saja.Respon mata dalam memAndang sesuatu juga dipengaruhi bahasa.Tapi, pengaruhnya hanya untuk mata kanan, demikian para peneliti.

Para peneliti di University of California menguji hipotesis, yang menyatakan bahwa bahasa berperan dalam mengatur persepsi atau pAndangan seseorang, dgn cara melakukan serangkaian tes warna.Dari situ, mereka menemukan bahwa manusia mampu mengenali warna lebih cepat dgn mata kanan daripd mata kiri.

pd laporan yang dimuat dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, mereka menyatakan bahwa hal tersebut terjadi karena tubuh bagian kanan diproses oleh area otak yang mengendalikan bahasa.

Teori bahwa bahasa mempengaruhi persepsi adalah bagian dari hipotesis Sapir-Whorf dalam ilmu bahasa.Menurutnya, terdapat hubungan sistematik antara bentuk tata bahasa dari perkataan seseorang dgn bagaimana pemahaman orang tersebut terhadap dunia dan tingkah lakunya.Misalnya, orang yang menggunakan bahasa Inggris membedakan dgn jelas batas warna hijau dan biru tidak seperti orang Mexico yang berbahasa Tarahumara, kedua warna tidak dibedakan sebutannya.

Dalam pengujian itu, para peneliti meminta 13 orang untuk mengidentifikasi warna sebuah lingkaran di antara lingkaran-lingkaran warna lainnya.pd pengujian pertama, seluruh lingkaran berwarna biru dan salah satunya dgn tingkat ketajaman berbeda.Dalam pengujian kedua, digunakan dua warna, hijau dan biru.

Para sukarelawan ternyata lebih cepat mengenali perbedaan warna pd percobaan kedua jika menggunakan mata kanannya.Sedangkan pd pengujian pertama tidak ada perbedaan kecepatan.

Para peneliti yakin hal tersebut terjadi karena kedua warna memiliki nama yang berbeda pd pengujian kedua.Selain itu, otak mampu mengidentifikasi warna lebih cepat ketika terlihat di daerah penglihatan tertentu.

Untuk memperkuat temuan ini, tim peneliti melakukan pengujian lagi, tapi meminta para sukarelawan untuk berlatih untuk mempengaruhi fungsi bahasa di otak.Hasilnya menunjukkan bahwa perbedaan kecepatan mengenali warna antara mata kanan dan kiri berkurang.

Para peneliti menyatakan, temuan ini mendukung hipotesis Whorf, tapi hanya berlaku untuk mata kanan.Penelitian sebelumnya juga pernah diakukan untuk mengetahui pengaruh bahasa terhadap persepsi, namun dgn meminta jawaban ya atau tidak pd percobaan."Temuan kami menunjukkan gambaran yang lebih kompleks karena melibatkan fungsi organisasi otak secara keseluruhan," kata penulis utama laporan penelitian Audrey Gilbert.

sumber Bahasa Pengaruhi Mata Kanan : Kompas.co.id
Bahasa Pengaruhi Mata Kanan