Minggu, 17 Agustus 2008

Laptop Harga Sejuta Siap Diproduksi Berita Terkini

LAPTOP HARGA SEJUTA SIAP DIPRODUKSI

LAPTOP HARGA SEJUTA SIAP DIPRODUKSI

Setelah prototipnya dipamerkan pd ajang World Summit on the Information Society (WSIS) 2005 di Tunisia, laptop seharga 100 dollar AS atau sekitar 1 juta rupiah segera diproduksi.Produksi laptop yang dikembangkan oleh Nicholas Negreponte dari Laboratorium Media Massachusetts Institute of Technology akan dilakukan oleh salah satu perusahaan laptop Taiwan, Quanta Computer Inc.

Pemilihan tersebut diumumkan Selasa (13/12) setelah organisasi non profit One Laptop Per Child (OLPC) mempertimbangkan tawaran dari berbagai perusahaan produsen komputer.Dalam acara tersebut, Negroponte yang juga ketua OLPC menjawab keraguan berbagai pihak tentang rencana mewujudkan laptop murah untuk anak-anak.

Quanta sendiri telah berdiri sejak 1988 dgn nilai penjualan di atas 10 milliar dollar AS.Perusahaan Taiwan itu memproduksi komputer pesanan Dell, HP, maupun IBM selain berbagai rangkaian produk elektronika seperti ponsel, LCD, TV, server, dan hardisk.

Atas pesanan OLPC yang menaungi program tersebut, Quanta siap mewujudkan laptop murah tersebut pd tengah tahun pertama 2006.Sebagaimana visi Negroponte, laptop akan memiliki kemampuan mengakses jaringan internet nirkabel dan berjalan di atas platform open source Linux.Di dalamnya juga terisi software pemroses kata, browser web, dan e-mail.

Laptop ini sendiri tidak ditujukan untuk kepentingan komersial dan ditujukan bagi anak-anak di negara berkembang untuk menjembatani kesenjangan digital.Mereka hanya akan melayani pemesanan laptop oleh pemerintah dan dalam jumlah besar.Produk pertama direncanakan akan siap dipasarkan pd kuartal keempat 2006.

Organisasi tersebut berharap memperoleh pemesanan awal sebanyak 5 juta hingga 15 juta unit.Uji coba distribusi laptop akan dimulai di China, India, Brazil, Argentina, Nigeria, dan Thailand dgn mengirimkan satu juta laptop ke masing-masing negara.

sumber Laptop Harga Sejuta Siap Diproduksi : Detikinet.com
Laptop Harga Sejuta Siap Diproduksi