Senin, 11 Agustus 2008

Panjang Umur dgn Bersahabat Berita Terkini

PANJANG UMUR DGN BERSAHABAT

PANJANG UMUR DGN BERSAHABAT

Studi Panjang Umur dgn Bersahabat

Jakarta, Senin

Sebuah studi memperlihatkan bahwa sahabat berpengaruh terhadap peluang umur seseorang daripd keluarga dan kerabat.Ini adalah penelitian pertama yang membandingkan peran sahabat dan keluarga dalam mempengaruhi harapan hidup seseorang.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa persahabatan yang sangat erat menolong seorang berusia lanjut (manula) hidup lebih lama.Namun tidak dibedakan hubungan antara teman dan keluarga.

Dalam kasus ini, diteliti orang-orang yang berhubungan secara personal atau melalui telepon secara rutin dgn lima atau lebih sahabatnya, dibandingkan dgn yang berhubungan dgn sedikit orang atau tidak akrab.Ternyata, setelah satu dekade ke depan, orang yang bersahabat sangat akrab memiliki peluang 22 persen lebih panjang umurnya.

Sebaliknya ini yang aneh ada atau tidaknya ikatan yang dekat dgn anak atau kerabat tidak berpengaruh terhadap umur.Namun demikianlah hasil studi yang melibatkan hampir 1500 orang Australia berusia di atas 70 tahun.

Alasannya tidak dijelaskan.Sahabat mungkin membantu mengatasi tekanan dan kesulitan.Mungkin juga mendorong kebiasaan hidup sehat, misalnya mengingatkan jika terdapat tAnda-tAnda penyakit baru, demikian perkiraan para peneliti.

"Dan sahabat mungkin menimbulkan tekanan yang lebih kecil bagi para manula daripd anak atau keluarga," kata Lynne Giles dari Flinders University di Adelaide, Australia yang terlibat dalam penelitian ini.

"Selain itu, kemungkinan hubungan yang dekat dgn sahabat menghasilkan efek fisiologis yang positif terhadap tubuhnya, dibandingkan efek negatif yang disebabkan tekanan," tambah Carlos Mendes de Leon dari Rush University Medical Center, Chicago, AS, pd editorial yang menyertai laporan tersebut dalam Jurnal Epidemiological and Community Health.(NewScientist.com/Wah)

sumber Panjang Umur dgn Bersahabat : Kompas.com
Panjang Umur dgn Bersahabat