Senin, 15 September 2008

200 Mahasiswa ITB di DO Berita Terkini

200 MAHASISWA ITB DI DO

200 MAHASISWA ITB DI DO

Mahasiswa ITB pd 2006 ini ada yang drop out (DO).Menurut Wakil Rektor Senior Bidang Akademik ITB, Adang Surahman, setiap tahunnya mahasiswa ITB yang tidak lulus sekitar dua persen dari total jumlah mahasiswa sebanyak 10 ribu orang.Penyebabnya, bermacam-macam.Ada yang karena sakit, tidak bisa mengikuti pelajaran di ITB, dan masalah biaya.Namun, penyebab yang terbanyak karena alasan akademis.

''pd 2006 ini, jumlah mahasiswa yang di DO hampir sama dgn tahun sebelumnya sekitar 200 orang.Kebanyakan, mahasiswa yang di DO itu berasal dari Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) bukan jalur mandiri,'' ujar Adang, Rabu (7/6).

ITB mencoba memberlakukan peraturan akademis.pd tingkat I, IPK minimal harus 1.Setelah dua tahun, kata dia, IPK minimal harus mencapai dua.Kurang dari itu, terkena DO.

''Mulai angkatan 2004 kami memberlakukan masa kuliah tidak boleh lebih dari 6 tahun.Kalau lebih, maka terkena DO juga,'' katanya.

Aturan baru yang ditetapkan oleh ITB untuk meminimalisir DO yang lain, kata dia, adalah pd saat masuk ke ITB calon mahasiswa hanya memilih fakultas, dan penjurusan baru dilakukan pd tahun kedua.

sumber 200 Mahasiswa ITB di DO : Republika.co.id
200 Mahasiswa ITB di DO