Senin, 08 September 2008

Alien, Antara Ada dan Tiada Berita Terkini

ALIEN, ANTARA ADA DAN TIADA

ALIEN, ANTARA ADA DAN TIADA

Banyak orang mengaku pernah bertemu alien.Buku-buku soal itu sudah banyak.Program televisi yang menayangkan pengakuan orang-orang yang disambangi alien juga tidak sedikit.Tapi, secara ilmiah, alien masih hipotesis.

Meski begitu, pijakan hipotesis alien terhitung kuat.Salah satu yang paling sederhana adalah pAndangan pengikut aliran panspermia.Mereka berpAndangan alam semesta dahulunya terbentuk dari satu titik materi, meledak, lantas menyebar ke segala penjuru.

Ini berarti, materi yang membangun alam semesta serupa di mana-mana.Ini juga bermakna bahwa kehidupan seperti di muka Bumi amat mungkin terjadi di penghujung tata surya lain.Ketika evolusi makhluk hidup terjadi di Bumi, evolusi serupa terjadi di 'Bumi' yang lain.Pengakuan orang-orang yang disambangi alien menyatakan bahwa makhluk itu berbentuk seperti mamalia dan berkepala besar.Alien diduga berevolusi menjadi seperti itu.Ukuran kepala yang besar menunjukkan kapasitas otak yang besar yang berarti tingkat intelektual yang tinggi.

Di zaman moderen, dugaan adanya alien diperkuat oleh temuan-temuan teranyar soal adanya jejak air di planet Mars, bekas danau di Titan (Bulan-nya planet Saturnus), atau bekas samudera di Europa (Bulan-nya Jupiter).Artinya, kehidupan selain di Bumi amat mungkin terjadi.

Perburuan alien kali pertama digalang pd 1960-an, seiring revolusi TEKNOLOGI astronomi, dan belum terhenti hingga kini.Metode yang pertama diterapkan adalah deteksi lewat sinyal radio.Adalah proyek seti@home software yang memungkinkan perburuan alien dilakukan secara massal di dunia.Seti@home software adalah program screensaver yang dapat diunduh untuk menganalisis data dari sinyal-sinyal yang tertangkap teleskop radio dunia.

Seti@home didistribusikan sejak 1999.Ia merupakan bagian proyek Search for Extraterrestrial Intelligence (Seti) di Universitas California, AS.Kini ada jutaan relawan yang memanfaatkan peranti lunak itu di 200 negara.Mereka turut merangkai kemungkinan pesan terstruktur dari sinyal-sinyal radio yang tertangkap oleh teleskop Arecibo di Puerto Rico, AS.Adapun sinyal terstruktur ditengarai berasal dari alien.

Sejak 1960, terdapat 50 sinyal intelejen yang ditindaklanjuti secara serius.Sayangnya, sejauh ini belum dihasilkan marka yang definitif.Lebih jauh, para peneliti menghitung, peluang Seti@home memperoleh sinyal extraterrestrial diperkirakan cuma satu persen saja.

Meski begitu, penggagas Seti@home, Dan Wertheimer, menyatakan, tetap optimistis.Wertheimer amat yakin bahwa manusia kelak dapat menemukan peradaban alien.''Paling tidak dalam 100 tahun mendatang,'' tutur dia.Kendati saat ini belum satu pun sinyal dari sang makhluk luar angkasa diterima, Wertheimer percaya bahwa itu akan terwujud seiring dgn pesatnya perkembangan instrumen berburu alien.

sumber Alien, Antara Ada dan Tiada : Republika.co.id
Alien, Antara Ada dan Tiada