Sabtu, 13 September 2008

Hingga Akhir Bulan Depan, Ristek Enyahkan Windows dari 350 PC-nya Berita Terkini

HINGGA AKHIR BULAN DEPAN, RISTEK ENYAHKAN WINDOWS DARI 350 PC-NYA

HINGGA AKHIR BULAN DEPAN, RISTEK ENYAHKAN WINDOWS DARI 350 PC-NYA

Kementerian Riset dan TEKNOLOGI akan mengganti nyaris seluruh sistem operasi yang digunakannya dgn sistem Open Source.Meski demikian, masih disisakan satu pojok untuk Windows.

Hal itu dikemukakan Engkos Koswara, Asisten Deputi Pengembangan Jaringan Informasi Kementerian Negara Riset dan TEKNOLOGI."Nanti pd bulan Juni (2006-red), Ristek akan mengganti seluruh sistem operasi menjadi Open Source," tutur Engkos dalam Technical Briefing tentang Linux and Eclipse, di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta, Jumat (19/05/2006).

Ia mengatakan, ada 350 komputer (PC) yang akan menggunakan Open Source di Ristek.Program migrasi itu, lanjutnya, akan menjadi pilot project untuk lembaga pemerintahan lain."Ini baru percobaan dulu, nanti kalau sudah berhasil baru ke Departemen lain," ujar Engkos.

Meski demikian, bukan berarti sistem operasi proprietary tidak punya tempat di Ristek.Untuk aplikasi tertentu yang dibutuhkan namun hanya tersedia untuk sistem operasi Windows, Engkos mengatakan Ristek punya pojok tersendiri."Kita akan punya ruang khusus, namanya Windows Corner," ia menambahkan.

Setelah Ristek, beberapa lembaga jadi 'target' migrasi ke Open Source.Ini termasuk Badan Penerapan dan Pengembangan TEKNOLOGI Indonesia (BPPT), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapetan dan lainnya.

Pasir

Dalam Technical Briefing tersebut diungkap aplikasi Pasir (Program Arsitektur Sistem Interoperabilitas).Pasir dikembangkan oleh Kementerian Ristek, Departemen Komunikasi dan Informatika, Kementerian Negara PAN, serta pengembang lokal.

Salah satu komponen Pasir adalah penggunaan Eclipse yang menjembatani berbagai platform sistem informasi database.Melalui Pasir diharapkan 'pulau-pulau' sistem informasi dan database yang ada di pemerintahan bisa saling terhubung dgn baik.

Eclipse, TEKNOLOGI yang dimanfaatkan dalam Pasir, merupakan platform yang dilepaskan perusahaan TI IBM ke ranah Open Source.Eclipse diklaim bisa disinergikan dgn Program IGOS untuk mengembangkan aplikasi yang dapat berinterkoneksi dan interoperabilitas dgn berbagai sistem.

sumber Hingga Akhir Bulan Depan, Ristek Enyahkan Windows dari 350 PC-nya : Detikinet.com
Hingga Akhir Bulan Depan, Ristek Enyahkan Windows dari 350 PC-nya