Selasa, 09 September 2008

Ikan Teri Penangkal Karies Gigi Berita Terkini

IKAN TERI PENANGKAL KARIES GIGI

IKAN TERI PENANGKAL KARIES GIGI

Mengandung kalsium fluorida, ikan teri jengki (S Insularis) dapat diaplikasikan untuk mengobati karies pd gigi.Riset doktoral Drg Harun A Gunawan, MS, menunjukkan perlakuan permukaan email dgn larutan ikan teri jengki mampu menurunkan kelarutan email dalam asam.

Hngga saat ini, terang Harun, karies masih merupakan masalah kesehatan gigi mulut di Indonesia dgn prevalensi amat tinggi.Aplikasi topikal fluor merupakan metode pencegahan yang mampu memberikan hasil baik dan relatif aman.Ada pun senyawa fluor yang mampu memberikan hasil terbaik adalah kalsium fluorida.

''Namun penggunaan bahan ini sulit didapat dan mahal.Ikan jengki adalah alternatif yang murah dan mudah,'' terang Harun yang akan mempertahankan disertasi-nya Sabtu ini (22/4) guna meraih gelar Doktor Ilmu Kedokteran Gigi di Universitas Indonesia.

Tema disertasi Harun adalah 'Pengaruh Perubahan Kristal Apatit, Tingkat Retensi dan Intrusi Fluor terhadap Kelarutan Email Setelah Perlakuan Larutan Ikan Teri Jengki (S Insularis).

Tujuan aplikasi yang dilakukan Harun adalah mengubah senyawa hidroksi apatit (HA) dari email menjadi fluoroapatit (FA).Senyawa FA mempunyai kelarutan yang lebih rendah ketimbang HA.Karenanya, jika terbentuk pd email, FA akan menurunkan kelarutan email.

sumber Ikan Teri Penangkal Karies Gigi : Republika.co.id
Ikan Teri Penangkal Karies Gigi