Sabtu, 06 September 2008

Jaagruti, Jawaban Intel untuk Komputer Murah? Berita Terkini

JAAGRUTI, JAWABAN INTEL UNTUK KOMPUTER MURAH?

JAAGRUTI, JAWABAN INTEL UNTUK KOMPUTER MURAH?

Komputer murah sudah jadi impian banyak orang dewasa ini.Intel pun mencoba menjawabnya dgn Jaagruti.

Komputer 'berbiaya rendah' itu dinamai Jaagruti dan untuk awalnya hanya tersedia di India.Komputer tersebut digarap Intel untuk memenuhi kebutuhan komputansi di kawasan pedesaan India.

Namanya, Jaagruti, diambil dari bahasa setempat yang berarti 'kebangkitan'.Agaknya ini sesuai harapan bahwa komputer ini bisa membangkitkan pasar pengguna komputer di pedesaan.

Komputer tersebut, seperti dikutip detikINET dari TheRegister Senin (03/04/2006), dimaksudkan sebagai komputer komunitas yang digunakan (dan dibayar) bersama-sama.Oleh karena itu akan menjadi komputer yang relatif berbiaya rendah.

Ukuran Jaagruti adalah sebesar stAndar tower casing.Namun orientasi komputer ini adalah horizontal, tidak vertikal seperti tipe tower pd umumnya.

Jaagruti diperkuat agar mampu menahan kondisi penuh debu dan lembab seperti yang banyak terdapat di daerah pinggiran India.Perangkat itu juga dilengkapi dgn uninterruptible power supply (UPS) untuk mencegah dfampak buruk 'mati lampu'.

Meski memiliki sasaran yang sama, Jaagruti cukup kontras bila dibandingkan dgn proyek laptop murah-nya Nicholas Negroponte.Negroponte saat ini sedang mengembangkan laptop dgn harga US$ 100 yang ditujukan bagi anak sekolah di daerah berkembang.dgn dukungan Google dan AMD, komputer Negroponte dimaksudkan sebagai komputer jinjing.

Intel belum menyebutkan harga aagruti.Namun, menurut VP Intel Bill Siu, Jaagruti bisa menggunakan komponen yang lebih mahal namun tetap murah karena pembayarannya dilakukan 'gotong-royong' oleh komunitas pengguna Jaagruti.

sumber Jaagruti, Jawaban Intel untuk Komputer Murah? : Detikinet.com
Jaagruti, Jawaban Intel untuk Komputer Murah?