Kamis, 11 September 2008

Ponsel Bikin Otak Lelet? Berita Terkini

PONSEL BIKIN OTAK LELET?

PONSEL BIKIN OTAK LELET?

Ponsel selalu jadi bahan yang menarik untuk dianalisa, jika beberapa waktu lalu sebuah penelitian mengatakan ponsel bisa meningkatkan resiko tumor otak jika dilakukan dalam waktu lama dan kontinyu, kini para peneliti kembali menambahkan efek penggunaan ponsel pd otak.

Tahukah Anda jika radiasi ponsel mempengaruhi kinerja otak dan menggunakannya dalam waktu lama bisa bikin otak lelet.

Para peneliti dari Swinburne University of Technology's Brain Sciences Institute di Melbourne, Australia menemukan mereka yang merespon telepon lebih pelan selama 30 menit, cenderung akan mengalami perbaikan memori, namun kurang cepat tanggap dalam merespon sesuatu.

Para peneliti melakukan serangkaian tes psikologi pd 120 partisipan yang terekspos emisi telepon selular selama setengah jam sampai satu jam.

Hasil riset yang dimuat dalam Jurnal Neuropsychologia edisi April ini menunjukkan ada perubahan kecil pd fungsi otak meski tak begitu terlihat, terutama pd mereka yang terekspos bidang elektromagnetik dari telepon selular.

"Studi menunjukkan bukti respon yang lamban pd partisipan yang melakukan reaksi sederhana dan reaksi yang lebih kompleks, seperti memberikan respon saat diminta memilih lebih dari dua alternatif," jelas Con Stough, pemimpin studi.

"Kondisi ini berbahaya saat berkendara dan bersimpangan dgn kendaraan lain yang datang dari arah berlawanan dgn Anda.Reaksi pengemudi untuk memilih antara menginjak rem atau menekan klakson, sangat mempengaruhi keselamatan pengendara."

"Studi ini juga menemukan radiasi dari ponsel bisa memperbaiki kinerja memori otak, misalnya saat mengingat sebuah nomor telepon yang cukup panjang."

Lebih lanjut Stough mengatakan penelitian masih akan terus dilakukan, terutama dgn penggunaan resonansi magnetik untuk menganalisa cara kerja otak.Namun penelitian ini masih belum dipublikasikan, karena dampak radiasi ponsel cenderung terus meningkat.

"Mereka, terutama yang menggunakan ponsel dalam kapasitas berlebihan cenderung mengalami penurunan atau perubahan sistem yang cukup berarti dibanding mereka yang menggunakan ponsel seperlunya," tambahnya.

Namun yang melegakan dalam studi ini, Stough dan rekan tak menemukan dampak ponsel pd gangguan kesehatan, meskipun mereka mengakui studi ini tak memfokuskan pd konsekuensi kesehatan, tapi lebih ditekankan pd fungsi otak.

"Dampak yang dihasilkan radiasi ponsel pd otak sangat kecil, dan kami tak menemukan pengaruhnya pd masalah kesehatan.Yang lebih berpengaruh adalah cara kita berkomunikasi dan bagaimana kita mengontrol emosi kita saat bertelepon," papar Stough

sumber Ponsel Bikin Otak Lelet? : Kapanlagi.com
Ponsel Bikin Otak Lelet?