Kamis, 11 September 2008

Aneka Manfaat Sarapan Berita Terkini

ANEKA MANFAAT SARAPAN

ANEKA MANFAAT SARAPAN

Breakfast alias sarapan dalam bahasa Inggris secara harafiah berarti berbuka puasa setelah malam hari kita tidak makan.Karena itu, sarapan adalah saat makan paling penting dalam sehari.Sayangnya, sarapan sering diabaikan.pdhal, pengabaian itu bisa berakibat serius terhadap kesehatan kita.

1.Memberi energi otak

Hanya minum teh manis dan beberapa potong biskuit sampai saat makan siang? Itu bukan sarapan Anda belum cukup mendapat energi untuk otak.Makanlah secara benar dgn energi yang cukup untuk memulai hari Anda.Manfaat sarapan adalah meningkatkan kemampuan otak, menjaga agar tetap langsing,dan mengangkat suasana hati kita.Tubuh cukup mendapat kalori di pagi hari, sehingga di siang dan malam hari keinginan untuk makan tidak terlalu besar lagi.

2.Meningkatkan asupan "vitamin"

Jus buah segar adalah sarapan yang paling dianjurkan karena mengandung "vitamin" dan mineral yang menyehatkan.Sari buah alami itu meningkatkan kadar gula darah setelah semalaman tidak makan.Setelah itu bisa dilanjutkan dgn makan sereal atau roti.Menu pilihan lain bisa berupa roti dan telur, bubur, susu dan cornflakes, mi, pasta dan lain-lain.Jangan lupakan susu, karena minuman ini mengandung gizi paling lengkap.

3.Memperbaiki memori

Penelitian terakhir membuktikan bahwa tidur semalaman membuat otak kita kelaparan.Jika saat sarapan kita tidak mendapat glukosa yang cukup, fungsi otak, khususnya memori, dapat terganggu.Karena itu, pastikan kita mendapat menu sarapan yang cukup.

4.Memperkuat ikatan dalam keluarga

Sarapan bersama keluarga berarti mempertemukan keluarga untuk mendiskusikan banyak hal bersama.Riset menunjukkan bahwa keluarga yang duduk bersama saat sarapan secara emosi lebih dekat satu sama lain dibanding keluarga yang anggotanya masing-masing buru-buru pergi ke kantor atau sekolah.

5.Meningkatkan daya tahan terhadap stres

Penelitian terakhir pd sebuah perusahaan multinasional mengungkapkan bahwa karyawan yang melewatkan sarapan mudah terkena depresi.Sebaliknya, mereka yang sempat sarapan merasa lebih puas, sigap dan menunjukkan minat tinggi terhadap pekerjaan.Penelitian itu juga mengungkapkan bahwa karyawan yang sarapan mendapat asupan lebih banyak "vitamin" A, D, E, zat besi dan kalsium dibanding yang tidak sarapan

sumber Aneka Manfaat Sarapan : Senior
Aneka Manfaat Sarapan