Sabtu, 23 Agustus 2008

Kera Pun Punya Dialek Berita Terkini

KERA PUN PUNYA DIALEK

KERA PUN PUNYA DIALEK

PARA peneliti di lembaga penelitian primata, Senin, mengatakan bahwa primata berteriak dalam "dialek" yang berbeda, tergantung atas tempat mereka tinggal, sekalipun mereka berasal dari kelompok spesies yang sama.

Nobuo Masataka, profesor ethology di Lembaga Penelitian Primata, Universitas Kyoto, dan peneliti lain mengkaji dari 1990 sampai 2000 dua kelompok "macaque" Yakushima (Macaca fuscata yakui), keduanya dari pulau Yakushima di Prefektur Kagoshima, dan menganalisis data.

Kelompok pertama terdiri atas 23 kera betina yang tinggal di pulau tersebut dan yang kedua, sebanyak 30 kera jantan keturunan dari kelompok spesies yang sama tapi dibawa dari pulau itu ke Gunung Ohira di Inuyama, Prefektur Aichi, pd 1956.Lembaga tersebut terletak di kota Inuyama.

Setelah membandingkan frekuensi suara dgn menggunakan ukuran pola suara mereka ketika mengkonfirmasi kehadiran mereka dalam kelompok; kelompok pulau Yakushima memiliki gelombang suara sekitar 110 hertz lebih tinggi dibandingkan rata-rata gelombang suara kera yang dibawa ke Prefektur Aichi, kata para peneliti itu.

"Di Pulau Yakushima, yang memiliki hutan lebat, suara dapat terserap oleh pohon dan daun, sehingga mereka telah menyesuaikan diri dgn lingkungan dan menjadi memiliki pola titi nada tinggi," kata Masataka."Sebaliknya, di Gunung Ohira, mereka mungkin jadi memiliki nada rendah karena pohon di daerah tersebut lebih sedikit."

Tak ada perbedaan data di antara kera dgn usia kurang dari enam bulan, tapi perbedaan muncul ketika mereka mencapai usia sekitar 10 bulan, yang sama dgn usia tiga tahun pd manusia, usia mereka menuntaskan kemahiran berbahasa mereka.

Nada suara kera yang berusia 18 tahun di Inuyama pd penelitian tahun 1990 sudah berbeda dari kera di Yakushima, dan para peneliti percaya kera tersebut sudah mengembangkan suatu "dialek" paling lambat pd 1972 ketika mereka berusia 10 bulan.

Hasil penelitian itu akan disiarkan pd jurnal ilmiah Jerman, Ethology, edisi Desember dan diterbitkan 5 Desember.

sumber Kera Pun Punya Dialek : Gatra.com
Kera Pun Punya Dialek