Minggu, 10 Agustus 2008

Komet Catalina akan Menabrak Bumi Berita Terkini

KOMET CATALINA AKAN MENABRAK BUMI

KOMET CATALINA AKAN MENABRAK BUMI

Bumi sebagai tempat hidup manusia, hewan dan tumbuhan kini mulai terancam.Pasalnya sebuah komet yang mengembara di angkasa telah dimasukkan dalam daftar objek dekat bumi yang berpotensi menabrak bumi.Demikian diungkapkan para peneliti di Laboratorium Propulsi Jet (JPL) NASA.

Catalina 2005 JQ5 nama komet itu adalah objek terbesar dan paling berpotensi menghancurkan dari seluruhnya 70 objek angkasa yang dilacak NASA.Meski begitu, kemungkinan tabrakan itu sendiri sebenarnya sangat kecil.

Masuknya Komet Catalina dalam daftar menunjukkan ketidakpastian dalam pengetahuan kita mengenai manakah yang lebih membahayakan bumi, komet atau asteroid.Perkiraan sebelumnya tentang proporsi resiko tabrakan yang ditimbulkan komet sangat bervariasi, antara 1 persen hingga 50 persen, di mana perkiraan paling baru menunjuk pd angka terendah.

Namun komet adalah objek yang lebih besar dan lebih cepat (secara rata-rata) dibanding asteroid, sehingga bila terjadi tabrakan yang ditimbulkan akan sangat beresiko bagi kelangsungan hidup kita.Selain itu, tidak seperti asteroid, mereka berada pd orbit yang biasanya amat lonjong dan lebih tidak beraturan.Ini bisa membuat mereka tidak terdeteksi sampai benar-benar dekat dgn bumi.

Komet Catalina ditemukan dalam program Catalina Sky Survey, salah satu program pencarian asteroid di dekat bumi secara otomatis.Awalnya komet ini disangka sebagai sebuah asteroid ketika terlihat 6 Mei lalu.Namun ia segera diklasifikasikan sebagai komet setelah para pengamat melihat bentuk kabur yang khas, yang menunjukkan adanya pancaran es dan debu.

Ukuran Catalina diperkirakan mencapai 1 kilometer.Tetapi Steve Chesley dari JPL mengatakan ukuran ini belum pasti karena bisa dipengaruhi oleh sudut penglihatan kita dari Bumi dan banyaknya pancaran debu.Bila ia memiliki cukup banyak debu yang dipancarkan sehingga kecemerlangannya tampak lebih besar, bisa jadi lebar intinya hanya beberapa ratus meter saja.Sebaliknya, jika debu itu hanya sedikit dan inti komet gelap, maka bisa jadi ia jauh lebih besar dari apa yang terlihat, mungkin mencapai beberapa kilometer."Oleh karena itu kita ambil angka 1 kilometer, angka tengah-tengah yang cukup masuk akal," kata Chesley.

Bergerak ke Bumi

Perhitungan menggunakan software orbit objek yang dilakukan tanggal 26 Mei lalu, menyatakan bahwa Catalina sedang bergerak ke arah yang mungkin bisa menimbulkan tabrakan dgn bumi, walau kemungkinannya sangat kecil, yakni 1 banding 300.000.Bila arahnya tepat, ia akan menabrak bumi tanggal 11 Juni 2085.Berdasarkan ukurannya yang cukup besar, tabrakan itu akan menghasilkan tenaga sebesar 6 gigaton, atau setara dgn ledakan 6 miliar ton TNT.

Para astronom berharap perhitungan yang akan dipertajam mengenai jalur objek itu akan menghasilkan kepastian.Tentu saja diharapkan Catalina tidak akan menabrak bumi.

Meski demikian, data-data terakhir yang terkumpul justru bicara sebaliknya, jalur komet ini ternyata makin dekat dgn bumi dan seolah menjadikan bumi sebagai sasarannya.Ia diperkirakan akan menghantam bumi pd diameter 400 kilometer dari pusat bumi.pdhal diameter bumi sendiri adalah 12.700 kilometer.

Tapi jangan khawatir dahulu.Walau sudah diperhitungkan, namun ketidakpastian waktu kapan komet melintasi orbit bumi menurunkan kemungkinan tabrakan menjadi 1 banding 120 juta.Ini adalah kemungkinan yang amat tipis, meski tak bisa diabaikan.

Chesley menambahkan juga bahwa komet, tidak seperti asteroid, bisa bergerak dalam jalur yang tidak disangka-sangka karena pancaran gas yang terlihat sebagai kumpulan debu dan ekornya.Ini bisa membuat perhitungan keliru sehingga kemungkinan tabrakan yang dicatatkan menjadi makin kecil, yaitu 1 banding 10 miliar.

Satu-satunya komet yang tercatat dalam daftar JPL sebagai berpotensi menabrak bumi pernah ditemukan tahun 2003.Namun pengamatan lebih lanjut akhirnya bisa menyingkirkan kemungkinan tabrakan, dan komet itu dikeluarkan dari daftar kurang dari seminggu setelah dicatat.

Satu komet lagi, Swift-Tuttle, pernah tercatat memiliki kemungkinan tabrakan dgn bumi.Ia ditemukan kembali tahun 1992, setelah lebih dari seabad tidak terlihat.Komet ini tidak masuk catatan JPL karena waktu itu daftar JPL belum diciptakan.

sumber Komet Catalina akan Menabrak Bumi : Riaumandiri.com
Komet Catalina akan Menabrak Bumi