Minggu, 03 Agustus 2008

Virus lokal Runitis siap menyebar Berita Terkini

VIRUS LOKAL RUNITIS SIAP MENYEBAR

VIRUS LOKAL RUNITIS SIAP MENYEBAR

Jakarta,Perusahaan antivirus Vaksincom pekan lalu menemukan virus baru buatan lokal yang siap menyebar, memanfaatkan figur publik di dalamnya, yakni Runitis (W32/ Runitis.A).

Virus ini datang dalam file berukuran 164 kilobyte (kb) dan dikompresi menggunakan ASpack, penyebarannya menyamar sebagai aplikasi Internet Explorer-terlihat dari pemakaian icon aplikasi browser dari Microsoft itu.

"Jika menjalankan file yang terinfeksi Runitis.A, akan muncul satu layar pop-up Internet Explorer yang berisi lagu Siti Nurhaliza," ujar Antonius Alfons Tanujaya, Direktur PT Vaksincom, dalam peringatannya.

Ciri-ciri komputer terinfeksi adalah akan membuka sendiri aplikasi Windows Explorer, seolah-olah terjadi aktivitas pd komputer walaupun pengguna tidak menjalankan program aplikasi apapun.

Kursor akan bergerak sendiri dan menonaktifkan tombol Start, akan mencoba membuat file pd folder dan subfolder dgn nama [Nurhaliza.siti] berukuran 2 kb dgn ikon menyerupai kupu-kupu.

Seperti virus-virus buatan lokal, Runitis ini juga lebih banyak menyebar melalui USB flashdisk atau disket dgn menggAndakan dirinya sendiri ke dalam media penyimpanan tersebut.

Virus ini mengubah halaman default Internet Explorer, mengganti aplikasi

multimedia Windows Media Player dan Winamp dan memanipulasi Notepad namun tidak menghapus seluruh isi hard disk komputer pengguna.

Sama seperti virus lainnya, Runitis.A akan mencoba untuk mematikan beberapa fungsi untuk mempertahankan diri, antara lain mematikan fungsi Msconfig/Registy Editor dan Task Manager.

sumber Virus lokal Runitis siap menyebar : Cybertech.cbn.net.id
Virus lokal Runitis siap menyebar