Minggu, 14 September 2008

Havard Nekat Klon Manusia Berita Terkini

HAVARD NEKAT KLON MANUSIA

HAVARD NEKAT KLON MANUSIA

Menyusul 'sukses' Korea Selatan, peneliti di Universitas Harvard, AS, nekat mengklona embrio manusia.Cikal-bakal manusia ini diklona guna menghasilkan sel tunas (stem cell) untuk pengobatan.Harvard seolah menantang aturan federal yang membatasi riset di bidang itu.

Sel tunas adalah cetak biru sel manusia.Ia cikal-bakal berbagai jaringan pd organ tubuh.Sel tunas dianggap mampu memperbaiki kerusakan sel pd organ dewasa, seperti kerusakan sel darah, penyakit Lou Gehrig, atau diabetes.Bagi para pendukungnya, ia adalah masa depan kesehatan manusia.

''Tujuan jangka panjang kami adalah membuat embrio stem cell dari jaringan tubuh pasien yang sakit, mengoreksi kerusakan genetik, dan memperbaharui sel seperti semula,'' tutur Dr George Daley, anggota tim peneliti.

Namun riset sel tunas dianggap kontroversial.Embrio yang digunakan adalah embrio hidup alias manusia bernyawa.Menerapkannya untuk riset, berarti juga membunuh sang manusia hidup itu.

Isu sel tunas membelah Kongres AS menjadi dua kubu.Namun pd 2001, George W Bush memutuskan membatasi penggunaan dana federal untuk riset sel tunas.Harvard terpaksa menggunakan dana sendiri untuk riset kontroversialnya.

Pembantu rektor Universitas Harvard, Stephen Hyman, bersikukuh bahwa proyek ini penting untuk mengatasi penyakit mematikan.Ia menjamin bahwa timnya akan mengikuti batas-batas yang ditentukan.

Dalam riset, embrio yang mengandung DNA diabetes atau penyakit neurodegenerative, diambil.Lalu tunas embrio sel tunas (embryonic stem) diekstrak.

Singkatnya tujuan riset ini adalah untuk mengetahui bagaimana embrio sel tunas berperilaku pd sel orang sakit.Lantas dibandingkan dgn sel orang sehat.''Apa yang salah dalam kondisi itu, akan kita pelajari untuk mengobati,'' kata Daley.

Sebelumnya, peneliti asal Korsel, Woo Suk Hwang, mengklaim telah berhasil mengklona embrio manusia dgn sel tunas.Namun Hwang terbukti menipu.Ia dipecat dari lembaganya dan dipermalukan seluruh media internasional.

sumber Havard Nekat Klon Manusia : Republika.co.id
Havard Nekat Klon Manusia