Rabu, 10 September 2008

Pestisida Ditemukan dalam Asap Rokok Berita Terkini

PESTISIDA DITEMUKAN DALAM ASAP ROKOK

PESTISIDA DITEMUKAN DALAM ASAP ROKOK

Bila Anda beranggapan bahwa tembakau saja tidak cukup buruk bagi kesehatan, maka sebaiknya Anda pertimbangkan yang ini: Para peneliti di Colorado telah menemukan tiga jenis pestisida (obat pembasmi hama) di dalam asap rokok.

Bahan kimia yang lazim digunakan dalam penanaman tembakau ini bisa mengganggu sistem endokrin, termasuk kelenjar thyroid dan kelenjar-kelenjar lain yang menghasilkan hormon tertentu.

Adapun pestisida yang dijumpai itu adalah Flumetralin, perusak kelenjar endokrin yang telah dilarang penggunaannya dalam pertanian tembakau di Eropa.Yang kedua adalah Pendimethalin, zat berbahaya yang juga merusak thyroid.Ketiga, Trifluralin, bahan yang berpotensi menimbulkan gangguan pd sistem metabolisme dan reproduksi.

Kedua senyawa terakhir juga disebut-sebut sebagai karsinogen, yang artinya bisa menimbulkan kanker.

"Walau diyakini berbahaya, namun tidak ada informasi mengenai akibat dari penghisapan senyawa-senyawa ini dalam jumlah kecil tapi jangka panjang," kata anggota tim peneliti Kent Voorhees, salah seorang peneliti."Tidak ada juga informasi mengenai efek bahan-bahan ini bila dipakai secara bersamaan, atau dgn senyawa lain yang ditemukan dalam asap rokok."

sumber Pestisida Ditemukan dalam Asap Rokok : Kompas.com
Pestisida Ditemukan dalam Asap Rokok