Kamis, 24 Juli 2008

Bosman-Ruling Binatang Apa Itu? Berita Terkini

BOSMAN-RULING BINATANG APA ITU?

BOSMAN-RULING BINATANG APA ITU?

Pelopor biasanya cepat mati. Pemeo tersebut tidak selalu benar, tapi berlaku untuk Jean-Marc Bosman. Ia adalah pemain yang berjasa melepaskan pemain-pemain profesional dari jeratan klub yang serakah nan haus uang. Tapi, lihatlah hidupnya sekarang.


Jean-Marc Bosman, pengubah wajah sepakbola. Insert: Bosman di 1995.


Lelaki Belgia yang kini berumur 43 tahun itu kini hidup sebatang kara dengan seekor anjing di rumah ibunya setelah ditinggal istri dan putrinya, yang tak tahan hidup pas-pasan.

Cerita berawal ketika di 1995 Bosman berselisih dengan klubnya, RFC Liege, karena melarangnya pindah ke Dunkerque meski kontrak sang pemain sudah habis. Ia akhirnya menghabiskan 1,05 juta pound untuk menyewa tim pengacara guna membawa kasus ini ke European Court of Justice .

Pada Desember di tahun yang sama ECJ mengabulkan tuntutan Bosman dengan dasar bahwa aturan transfer yang berlaku sebelumnya melanggar undang-undang ketenagakerjaan dan Treaty of Rome soal kebebasan untuk berpindah kerja dan berdomisili bagi warga Uni-Eropa di seluruh wilayah UE.

Hal yang menyedihkan, ternyata tahun 1999 Bosman baru mendapatkan kompensasi dari RFC Liege sebesar 300 ribu pound saja. Berkat aksi heroiknya itu, sang pemain malah menjadi musuh bersama klub-klub besar. Kariernya mandek karena dianggap punya bibit sifat pemberontak yang bakal menyulitkan manajemen klub.


Pada 1996 ia pun terpaksa pensiun dini setelah sempat bermain di Prancis, Belgia, dan kepulauan La Reunion. Ini adalah harga yang mahal untuk sebuah usaha mengubah wajah sepakbola, yang semula lebih berpihak pada korporasi ketimbang kepada employee.

Tanpa jasa Bosman, mungkin tak ada pemain yang kini bisa menikmati limpahan besarnya potongan kue uang transfer akibat kecenderungan sebuah klub untuk menjual pemain saat masih berharga mahal karena tengah terikat kontrak.

Klub-klub pun beroleh untung lantaran Real Madrid, Man. United, atau Chelsea bisa menggunakan sebelas pemain Uni Eropa berkualitas wahid tanpa batasan kebangsaan. Sebelum Bosman ruling berlaku, klub-klub Eropa hanya boleh menggunakan maksimal tiga pemain dari negara lain.

sumber Bosman-Ruling Binatang Apa Itu? : BolaNews.Com
Bosman-Ruling Binatang Apa Itu?