Kamis, 17 Juli 2008

Piala AFF U-16 Asah Duel Udara Berita Terkini

PIALA AFF U-16 ASAH DUEL UDARA

PIALA AFF U-16 ASAH DUEL UDARA

Postur pemain Australia dan Bahrain, yang lebih tinggi dibanding punggawa timnas U-16, menjadi fokus perhatian pelatih Mundari Karya. Akankah ini menjadi titik kelemahan kita?


Dalam sepekan terakhir, Mundari mengasah kemampuan duel udara Delton Stevano dkk. guna meredam permainan bola atas yang diperagakan dua tim yang menjadi lawan awal di Piala AFF U-16.


"Pemain sudah mendapat latihan khusus dalam duel udara. Selain itu, saya juga menyiapkan strategi lain, salah satunya menekan lawan agar tidak bisa mengangkat bola," ujar Mundari.


Usai menyaksikan duel antara Bahrain vs Australia, Rabu di Stadion Lebak Bulus, Jakarta Selatan, dia berpandangan permainan lawan tak istimewa.

"Jika bicara soal kemampuan individu, teknik dasar yang dimiliki pemain-pemain Indonesia sebenarnya tidak kalah. Yang terpenting pemain harus percaya diri, tidak ada alasan untuk minder. Target utama timnas masuk final," ujar Mundari.


"Mereka hanya punya kelebihan dari segi pengorganisasian permainan. Kerja sama di antara pemain Australia dan Bahrain terlihat terjalin rapi, ini yang perlu diwaspadai," komentar Benny Dollo, pelatih timnas senior yang menonton duel pembuka Piala AFF.


Pendek Merapat


Menurut Benny, dibanding meladeni permainan bola-bola atas lawan, lebih baik Kurniawan cs. menerapkan sistem permainan umpan pendek merapat. "Usahakan seminimal mungkin mengirimkan bola-bola lambung ke pertahanan lawan. Soalnya bek-bek lawan yang posturnya tinggi besar akan mudah mementahkannya," ungkap Benny.


Striker timnas diharapkan lebih berani memperagakan aksi individu menusuk ke kotak penalti lawan. Hanya, Mundari sedikit mengeluhkan kinerja para bomber yang belum menunjukkan ketajaman. Dari empat striker, hanya Ahmad Rezal dan Tommy Febriyanto yang dinilai Mundari performanya lumayan.


Fanky Pasamba dan Berry Muharom dinilai jauh dari harapan. "Keduanya memang masih belum pulih benar dari cedera panjang. Saya berharap mereka kembali menemukan bentuk permainan terbaiknya di ajang turnamen," tutur Mundari.


Bahkan di detik-detik terakhir Berry, yang kondisinya tak juga membaik, terpaksa dicoret. Posisinya digantikan Sumarna.


SKUAD TIMNAS U-16

----

Kiper: Egha Putra Mahardika, Ludiansyah Putra

Belakang: M. Lestaluhu, Haidar Naufal, Dio Herstianang, Gilang Harahap, Tafakurniawan Balianto, Wahyu Nugroho, Agung Nur Achmad, Riyan Perdianto

Tengah: Yossi Irawan, Achmad Rezal Octavian, Rudi Setiawan, Fahreza Agamal, Eli Nasoka, Delton Stevano, Rizky Sanjaya, Kurniawan

Depan: Tommy Febriyanto, Ahmad Rezal, Sumarna, Fanky Pasamba


Mutu Terjaga, Sepi Penonton

Peserta Piala AFF U-16 hanya diperuntukkan bagi empat tim kawasan ASEAN yang lolos ke Putaran Final Piala Asia U-17. Wajar tim papan atas Asia Tenggara seperti Vietnam dan Thailand, yang tak lolos ke Piala Asia, tak ikut serta dalam turnamen.


Namun, absennya kedua negara itu tak mempengaruhi mutu turnamen. Kehadiran Australia, anggota baru AFC dan AFF, diyakini membuat tensi persaingan tetap tinggi. Terlebih AFF juga mengundang tim tamu dari kawasan Asia Tengah, Bahrain. Kehadiran tim luar kawasan ASEAN memang menjadi tradisi di Piala AFF.

Dua tahun silam saat turnamen digelar di Bangkok, Korea Selatan ikut menjadi kontestan. Sayang kehadiran dua tim itu tak bisa mengatrol jumlah penonton di Stadion Lebak Bulus, Jakarta. Penonton duel pembuka Australia vs Bahrain, Rabu , minim. Demikian pula penonton Singapura vs Malaysia.

"Kami ke Jakarta untuk menjadi juara. Faktor lain, seperti penonton, tak kami pusingkan," ujar Martin Crook, pelatih Australia.

Padahal, PSSI sebagai panpel tidak memungut bayaran tiket masuk.

"Kami optimistis jumlah penonton akan meningkat pesat saat Tim Merah-Putih bertanding," ujar Nugraha Besoes, Sekjen PSSI.


HASIL PERTANDINGAN


Rabu

Australia vs Bahrain 2-1 ; Singapura vs Malaysia 0-2


Jadwal Pertandingan

Jumat

15:00 WIB: Bahrain vs Singapura

18:30 WIB: Indonesia vs Australia

Minggu

15:00 WIB, Australia vs Malaysia

18:30 WIB, Indonesia vs Bahrain

Selasa

15:00 WIB, Singapura vs Australia

18:30 WIB, Malaysia vs Indonesia

Kamis

15:00 WIB, Malaysia vs Bahrain

18:30 WIB, Indonesia vs Singapura

Sabtu

15:00 WIB: Peringkat 3 vs Peringkat 4

18:30 WIB: Peringkat 1 vs

Peringkat 2

sumber Piala AFF U-16 Asah Duel Udara : BolaNews.Com
Piala AFF U-16 Asah Duel Udara