Rabu, 23 Juli 2008

Valencia Menjelang Kompetisi 2008/09 Mestalla Bersandiwara Berita Terkini

VALENCIA MENJELANG KOMPETISI 2008/09 MESTALLA BERSANDIWARA

VALENCIA MENJELANG KOMPETISI 2008/09 MESTALLA BERSANDIWARA

David Villa, David Silva, dan Carlos Marchena adalah tulang punggung tim nasional Spanyol di Euro 2008. Ditambah Raul Albiol, empat pemain ini adalah sumbangsih Valencia yang mengharumkan nama negara di pentas Eropa.


Pascakeberhasilan La Furia Roja menjuarai Piala Eropa edisi ke-13 di Austria dan Swiss, berita dari Valencia didominasi upaya manajemen klub menjaga Villa dan Silva agar tetap di Mestalla musim 2008/09. El Che dikabarkan tak ingin melepas dua bintangnya, walau berharga cukup mahal.


Liverpool sudah terang-terangan berminat pada dua David bertubuh kecil itu, Villa 175 cm dan Silva 170 cm. Pelatih Rafael Benitez, yang mempersembahkan dua gelar La Liga pada Valencia, paham betul kontribusi yang bisa diberikan kedua pemain incarannya itu.


Anda bisa membayangkan kekuatan lini depan Liverpool bersama Fernando Torres dan David Villa? Rafa memang sudah memiliki Andriy Voronin, Dirk Kuyt, Ryan Babel, bahkan Steven Gerrard, yang dapat berperan sebagai second striker. Namun, pilihan Torres dan Villa tetap menggiurkan, bukan?


Tak hanya The Reds, Chelsea pun ikut mengikuti perkembangan Villa, striker pencetak 4 gol di Euro. Namun, reaksi manajemen Valencia tetap sama: status keduanya adalah "not for sale".

Pada awal Juli, sikap petinggi Valencia mendapat anggukan Villa. Striker berusia 26 tahun itu mengambil sikap untuk bertahan di Mestalla. Pada As, ia berkata, "Saya bahagia di sini dan berharap terus bermain untuk tahun-tahun ke depan."


Dengan yakin, Presiden Valencia, Agustin Morera, menegaskan niat mempertahankan kedua permata Mestalla itu, walau berharga mahal. "Sama seperti tahun lalu, kami pun menerima banyak penawaran untuk keduanya, tapi semua ditolak," ucapnya.


Suara Silva pun senada dengan Villa, yang merasa bahagia menjadi bagian dari Valencia. "Saat ini saya hanya ingin santai dan menikmati kesuksesan di Euro. Soal pindah atau tidak, silakan tanya klub. Saya dan keluarga senang tetap berada di sini," jelas sang gelandang.


Suasana tenang itu tiba-tiba berubah penuh spekulasi setelah seorang wartawan, Graham Hunter, bicara blakblakan pada Sky Sport. Katanya Valencia harus menjual kedua pemain bernilai tinggi itu guna menyeimbangkan keuangan klub yang defisit 360 juta euro! Semua karena pengeluaran sia-sia terhadap sejumlah pemain baru musim lalu.


Saat ini, Valencia sangat bergantung pada kebijakan asuransi mereka setelah menjual Stadion Mestalla.

Musim 2008/09 adalah periode terakhir Valencia bersama Mestalla. Tahun depan, El Che pindah markas ke stadion baru bernama Nou Mestalla, yang berkapasitas 20 ribu lebih banyak dari bangku stadion lama.


Kalau begitu, siapa yang akan menjadi aktor utama dari sandiwara di Mestalla?


Memanggil Anak Terbuang


David Albelda, Curro Torres, Jaime Gavilan, Mario Regueiro, Sisi, dan sejumlah pemain lain masuk dalam daftar jual Valencia. Mereka tak masuk dalam rencana pelatih anyar Unai Emery.


Namun, mantan arsitek UD Almeria itu dihadapkan pada kebimbangan. Niatnya untuk memanggil kembali Andres Palop berimbas pada pengeroposan lini belakang. Sevilla, klub yang menyelamatkan karier Palop, meminta Alexis sebagai imbalan plus uang 6 juta euro.


Walau musim lalu kontribusi Alexis nyaris dibilang tak terlihat menjaga pertahanan Valencia, mantan bek Getafe dan Malaga itu masih dipandang sebagai aset penting. Faktor cederalah yang mengebiri peran Alexis untuk El Che. Bukan tanpa sebab klub seperti AC Milan, Real Madrid, dan Barcelona berminat pada centre-back berusia 22 tahun itu pada musim panas 2007.


Hanya 14 jornada, 10 di antaranya laga penuh, yang dilakoni Alexis pada Primera Division 2007/08 tentu membuat sang pemain merasa utang budi pada Valencia. Pada Marca, ia mengaku tak ingin hengkang ke Sevilla.


Bagaimana cara Valencia membujuk Palop pulang? Kiper kelahiran kota Valencia itu telah menemukan panggung aktualisasi diri sejak digaet Sevilla pada 2005. Aksi-aksinya mempersembahkan gelar Piala UEFA dan Piala Super Eropa bagi Sevilla. Sesuatu yang sulit ia lakukan ketika menjadi cadangan selama 7 tahun di Valencia.


PEMAIN INCARAN VALENCIA

---

Pascal Chimbonda

Sergio Asenjo

Zabaleta

Palop

Kameni

Diego Alves

sumber Valencia Menjelang Kompetisi 2008/09 Mestalla Bersandiwara : BolaNews.Com
Valencia Menjelang Kompetisi 2008/09 Mestalla Bersandiwara